Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan 2021

Lingkungan hidup merupakan faktor utama keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi. Pengelolaan lingkungan hidup termasuk sumber daya alam yang tepat, akan mampu memberikan manfaat bagi kehidupan manusia generasi sekarang dan mendatang. Sebaliknya eksploitasi sumber daya alam, gaya hidup yang konsumtif, kurangnya pengetahuan dan kesadartahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan, menjadi penyebab kerusakan lingkungan hidup yang dapat mengancam keberlanjutan kehidupan termasuk manusia di bumi.

Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan Tingkat Kwartir Cabang ini untuk berkomitmen dalam menjaga, memelihara dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan. Sedangkan tujuan diselenggarakan Penilaian ini adalah untuk:

  1. Gerakan Pramuka mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga, memelihara dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan.
  2. Gugus depan mampu menjadi tempat pendidikan nilai-nilai perbaikan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan bagi anggota muda Gerakan Pramuka.
  3. Anggota Gerakan Pramuka mampu menjadi Pramuka Patriot Lingkungan di wilayah tempat tinggalnya.
Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan ini diikuti oleh 1 Pangkalan dari tiap Kwartir Ranting yang di tunjuk oleh Kwartir Ranting yang bersangkutan berdasarkan hasil Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan Tingkat Kwartir Ranting. 

Pelaksanaan Kegiatan Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan tingkat Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 15 Oktober 2021 dalam pelaksanaannya dipercayakan kepada suatu Tim Penilai yang dibentuk oleh Ketua Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak.

Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan  ini dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari yang mana semua Tim Penilaian Gugusdepan Ramah Lingkungan Tingkat Kwartir Cabang Siak tahun 2021 telah melaksanakan tugasnya dengan baik berikut ini hasil penilaian yang di peroleh oleh tiap Gugusdepan sebagai berikut :

No

GUGUSDEPAN

PANGKALAN

KWARTIR RANTING

KET

PUTRA

PUTRI

1

04-043

04-044

SMP Negeri 3 Tualang

Kwartir Ranting Tualang

I

2

03-039

03-040

SMA Negeri 1 Minas

Kwartir Ranting Minas

II

3

09-023

09-024

SMA Negeri 1 Lubuk Dalam

Kwartir Ranting Lubuk Dalam

III




0 Komentar