Buka Langsung Kegiatan Kursus Instruktur Muda

Kwarcabsiak.my.id- Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si (Kakak Alfedri) selaku Ketua Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak, membuka secara langsung kegiatan Kursus Instruktur Muda (KIM), di Aula Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 12, di Kampung Lubuk Jering, Kecamatan Sei Mandau, Senin (1/11/2021).

Arahan dari Kakak Alfedri pada kegiatan Kursus Instruktur Muda di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 12

Dasar pelaksanaan kegiatan ini Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor 176 tahun 2013 tentang Pengunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Pembinaan Pramuka penegak adalah untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin yang bertanggungjawab kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan Tuhan Yang Maha Esa, melalui tri bina yaitu : bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat.

  1. Bina diri adalah kegiatan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  2. Bina satuan adalah mempersiapkan diri menjadi Instruktur dalam keterampilan kepramukaan tertentu pada perindukan siaga dan pasukan penggalang.
  3. Bina masyarakat adalah mempersiapkan diri menjadi pemimpin di masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan KIM ini, peserta yang berasal dari santri dari tingkat penegak dan pandega yang mengikuti kegiatan tersebut, dapat memiliki keterampilan di bidang kepramukaan, dapat berkomunikasi dengan baik serta menjadi pemimpin yang amanah dengan di bekali ilmu agama melalui pondok modern Darussalam gontor 12, dan bisa membantu untuk membina adik-adik ditingkat Penggalang dan Siaga", harap Kakak Alfedri. 

Kakak Alfedri juga mengingatkan, agar selama pelaksanaan kegiatan KIM, tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak, maupun didalam lingkungan Pondok Pesantren, maka selama pelaksanaan kegiatan KIM ini harus tetap menjalankan protokol kesehatan", pinta Ketua Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Siak tersebut. 

Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan selaku Pimpinan Pondok Pesantren Modren Darussalam Gontor Kampus 12 Kakak Himmah Azhar Latif mengatakan bahwa pesantren Gontor se-Indonesia mewajibkan santrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan secara rutin. 

"Karena melalui pembinaan dari kepramukaan dapat membentuk karakter anak, menjadi pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan baik", ucap beliau. 

Selain itu,  Kakak Himmah Azhar Latif juga bersyukur karena Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Siak selalu mensuport kegiatan di Pondok Pesantren Modren Darussalam Gontor Kampus 12, terutama di bidang Kepramukaan. 

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Siak Kakak Nurman mengatakan bahwa Kursus Instruktur Muda (KIM) merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mereka yang masih peserta didik, yaitu Penegak dan Pandega yang berusia sekitar 16 - 25 tahun.

"Nantinya mereka akan diberikan ilmu cara kepemimpinan, cara ngelola gugusdepan, cara mengelola administrasi", jelas Kak Nurman. 

Kegiatan KIM tersebut diikuti sebanyak 60 peserta dan dilaksanakan selama 4 hari, di Pondok Pesantren Modren Darussalam Gontor Kampus 12.

0 Komentar