Sambutan Ketua Kwarnas pada Pembukaan Sidparnas 2022

 



Yang saya hormati,

  1. Pimpinan Kwarnas Gerakan Pramuka,
  2. Para Andalan Nasional Gerakan Pramuka,
  3. Pengurus Dewan Kerja Nasional dan Dewan Kerja Daerah Seluruh Indonesia,
  4. Adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega yang saya banggakan,
  5. Para Undangan dan hadirin sekalian,

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan, dan
Salam Pramuka,

Marilah bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhannawata’ala, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul bersama pada siang hari ini dalam keadaan sehat walafiat untuk mengikuti Pembukaan Sidang Paripurna Nasional (Sidparnas) Dewan Kerja Nasional dan Dewan Kerja Daerah seluruh Indonesia Tahun 2022.

Walaupun sampai saat ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, saya merasa gembira karena adik-adik Dewan Kerja tetap bersemangat melaksanakan kewajiban dengan menyelenggarakan Sidparnas. Tentu saja, dalam pelaksanaannya harus tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Di antaranya melakukan swab antigen atau PCR, tetap memakai masker di semua kegiatan, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi kerumunan.

Saya percaya adik-adik akan mampu mematuhi protokol kesehatan itu, dan menjaga agar jangan sampai Sidparnas ini justru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19. Karenanya, semua peralatan kesehatan seperti masker dan larutan pencuci tangan, saya minta agar selalu tersedia selama pelaksanaan Sidparnas ini.

Kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan,

Sidparnas kali ini bertema “Tumbuh, Berkarya, Bermakna”. Dalam mewujudkan tema tersebut, saya berharap agar semua peserta Sidparnas tetap bersemangat untuk tumbuh dalam pengembangan SESOSIF masing-masing. Saya berharap agar spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik para peserta Sidparnas dapat tumbuh kea rah yang lebih baik.

Bila SESOSIF sudah bertumbuh dengan baik, maka saatnya untuk berkarya. Hasilkanlah karya-karya yang bermakna dan bermanfaat. Bukan hanya bermakna dan bermanfaat bagi adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega, tetapi juga bagi keluarga adik-adik, masyarakat di sekitar tempat tinggal adik-adik, bahkan juga bermakna dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Pada gilirannya, tumbuh, berkarya, dan bermakna adik-adik akan bermanfaat pula untuk membantu terciptanya dunia yang lebih baik. Sejalan dengan slogan WOSM sebagai gerakan kepanduan sedunia yaitu, “Para Pramuka, membantu menciptakan dunia yang lebih baik”.

Kakak-kakak dan adik-adik yang saya hormati,

Sidparnas ini juga merupakan kesempatan untuk melakukan evaluasi program kerja tahun lalu dan penyampaian rencana kerja tahun ini. Saya berharap agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega semakin lama semakin baik.

Pada tahun lalu, kita telah melaksanakan dengan baik Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) ke-14 di Jambi. Perlu saya ingatkan kembali, PWN itu adalah “perkemahan berkelanjutan”. Artinya, kegiatan tidak selesai dengan telah ditutupnya PWN tersebut. Masih ada sebagian kegiatan yang harus terus dilanjutkan pengerjaannya. Saya berharap DKN dibantu para Pramuka Penegak dan Pandega di seluruh Indonesia, dapat terus melaksanakan pembangunan yang telah dimulai, agar benar-benar selesai dengan baik.

Sementara itu, pada 2022 ini, ada sejumlah kegiatan di mana subjek dan objek utamanya adalah para Pramuka Penegak dan Pandega. Di antaranya, Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional yang akan diadakan di Sumatera Selatan, dan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung. Ditambah lagi Perkemahan Bela Negara yang akan diadakan di Bengkulu.

Saya berharap adik-adik dapat menyiapkan kegiatan-kegiatan itu dengan baik. Sehingga semua peserta dapat merasakan diri mereka tumbuh, berkarya, dan bermakna, sebagaimana tema Sidparnas kali ini.

Khususnya kepada Komisi Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarnas, saya berharap agar dapat mensupervisi kegiatan adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega. Biarkan adik-adik mempersiapkan segala sesuatunya dan berkarya dalam perkemahan-perkemahan itu, tetapi Komisi Binamuda sebagai orang dewasa harus mampu memberikan arahan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kemajuan Dewan Kerja khususnya, dan para Pramuka Penegak dan Pandega umumnya.

Akhirnya dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim, Sidang Paripurna Nasional Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka, semoga yang kita lakukan bersama ini senantiasa mendapatkan ridho Allah SWT. Amien.

Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia

Terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Ohm santi santi santi ohm,
Salam Pramuka!

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
Ketua,

Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso







sumber : https://pramuka.or.id/sambutan-ketua-kwarnas-pada-pembukaan-sidparnas-2022/

0 Komentar