Tema dan Motto Jamnas XI – 2022



Jambore Nasional (Jamnas) ke-11 (Jamnas XI) merupakan salah satu amanah Musyawarah Nasional (Munas) di Kendari, Sulawesi Tenggara tahun 2018. Jamnas XI yang dalam jadwal diselenggarakan tahun 2021 itu ditunda. Sebab virus Covid-19 masih di mana-mana.

Pada akhirnya, tahun ini pesta besar Pramuka Penggalang tingkat Nasional digelar 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Jamnas XI Tahun 2022 ini tentu berbeda dari Jamnas-Jamnas sebelumnya. Karena negara kita masih di masa pandemi, bahkan kini sedang merebak virus Corona jenis baru: Omicron. Kegiatan nasional yang dihadiri 514 Kwarcab dari 34 Kwarda harus dipikirkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan. Jamnas harus aman, nyaman, dengan tetap ceria dan gembira untuk semua.

Tema Jamnas XI tahun 2022 adalah Ceria, Berdedikasi, Berprestasi.

Ceria. Jambore itu pestanya Pramuka Penggalang. Pesta membuat ceria. Peserta Jamnas ini harus bisa ceria dalam berjambore di Cibubur. Karena bersukaria melakukan berbagai aktivitas, berkenalan dengan Pramuka Penggalang dari berbagai daerah walau tetap menjalankan protokol kesehatan.

Berdedikasi. Di Jamnas IX – 2022 peserta pun mendapat berbagai bekal untuk dirinya. Bekal keterampilan, pengetahuan dan wawasan yang kelak berguna untuk dirinya dan masyarakat. Karena kata “berdedikasi” itu adalah kata kerja yang berarti “Mengabdikan diri (untuk, kepada)”.

Berprestasi. Peserta yang hadir ke Cibubur ini adalah mereka yang terpilih. Pramuka Penggalang yang memiliki prestasi. Dari Jambore ini pun kelak mereka dapat banyak mengukir prestasi dalam kehidupan. Kata “berprestasi” memiliki makna “Mempunyai prestasi dalam suatu hal (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dsb)”

Motto Jamnas XI Tahun 2022 adalah Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan

“Satya” merupakan janji Pramuka. “Darma” merupakan ketentuan moral Pramuka. Arti dari motto ini yaitu bahwa setiap janji dan komitmen diri yang telah diucapkan dan atau dihayati menjadi ketetapan yang harus ditepati dan dilaksanakan dalam sikap dan perilaku sehari-hari.

Motto ini merupakan bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggota Gerakan Pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan kepramukaan berarti mempersiapkan diri untuk mengamalkan Kode Kehormatan.

__
Tulisan ini juga dimuat dalam Buletin Jamnas Edisi perdana yang terbit pada 22 Februari 2022. Buletin bisa dibaca secara lengkap di laman berikut : https://jamnas11.pramuka.or.id/buletin-jamnas-xi/

0 Komentar