keseruan kegiatan pesta siaga di pangkalan SDN 07 Mandiangin

 



Kwarcabsiak.my.id. (Mandiangin) – Pangkalan SD Negeri 07 Mandiangin mengadakan kegiatan Pesta Siaga pada hari rabu, 25 Mei 2022. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan upacara pembukaan oleh ibu Sabariah Zein, S.Pd selaku Kepala SD Negeri 07 Mandiangin. Pada kesempatan tersebut, Ibu Sabariah mengingatkan kembali tentang makna dari kata ‘siaga’, ‘Dwisatya’, dan ‘Dwidarma’.

“Adik-adik saat ini kalian disebut sebagai Pramuka Siaga. Pramuka Siaga itu adalah anggota pramuka yang berusia 7 sampai 10 tahun ya. Sebagai pramuka siaga, adik-adik harus benar-benar menjalankan janji yang sering diucapkan yaitu Dwisatya dan Dwidarma. Ingat adik-adik, Siaga itu menjalankan kewajiban agama dengan baik, selalu berbuat kebaikan, selalu berbakti kepada ayah bunda, dan siaga harus berani serta tidak boleh menyerah/putus asa”.

BACA JUGA

Setelah upacara pembukaan, pembina pramuka kak Sarijo, S.Pd memberikan arahan mengenai kegiatan Pesta Siaga hari ini. Kegiatan yang dilakukan pada pesta siaga ini bersifat kompetisi, hiburan, dan permainan, diantaranya lomba praktek sholat shubuh khusus untuk barung putra (Pa), hafalan surah pendek pilihan khusus untuk barung putri (Pi), lempar dan tangkap bola, keseimbangan tongkat, dan lomba melukis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri, kekompakkan, dan juga melatih keberanian adik-adik pramuka siaga.

Perlombaan pesta siaga dilaksanakan sampai pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan upacara penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba. Untuk siaga putra kegiatan perlombaan ini dimenangkan oleh Barung Rajawali dengan skor 22, adapun untuk siaga putri dengan skor tertinggi, yaitu 25 dimenangkan oleh barung Melati. Selamat kepada ananda siaga Pa daa Pi.

 

Penulis: Kartini, S.Pi

Fotografer: Kartini, S.Pi


0 Komentar